• Tentang
  • Kontak
  • Tim Redaksi
  • Beranda
  • Teras Mahan
  • Artikel
    • Opini
    • Essay
    • Reportase
    • Profil
  • Sastra
    • Puisi
    • Cerpen
    • Resensi
  • Resonansi
No Result
View All Result
Mahanpedia
No Result
View All Result
Home Essay

PENERAPAN METODE Contextual Teaching and Learning (CTL)

mahanpedia by mahanpedia
2 tahun ago
in Essay
3 min read
0
0
SHARES
42
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Oleh: Ficky Arnanda

Di era globalisasi peserta didik dalam pembelajaran perlu difasilitasi dengan berbagai sumber pembelajaran baik bersifat lokal maupun global, serta didukung fasilitas berbagai sumber belajar dan didukung jaringan kerja (network) yang digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan diri mereka pada pembelajaran. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi yang dilakukan selama ini dianggap gagal menghasilkan peserta didik yang aktif, kreatif dan inovatif dalam mencapai keunggulan kompetitif di era globalisasi. Mereka hanya berhasil “mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali diri mereka memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Oleh karena itu perlu perubahan pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna sehingga dapat membekali peserta didik dalam menghadapi permasalahan hidup yang dihadapi sekarang maupun yang akan datang. Pendekatan pembelajaran yang cocok untuk hal di atas adalah Contextual Theaching and Learning (CTL).

Contextual Teaching and Learning merupakan suatu konsep pembelajaran yang secara langsung melibatkan peserta didik dalam mengaitkan materi pelajaran dengan situasi kehidupan dunia nyata peserta didik.

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan Wina Sanjaya : Contextual teaching and learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Dalam CTL, pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, artinya apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajari dengan demikian pengetahuan yang akan diperoleh peserta didik adalah pengetahuan yang utuh yang memiliki keterkaitan satu sama lain.

Pembelajaran yang Contekstual merupakan belajar dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru, pembelajaran dimulai dengan mempelajari secara keseluruhan. Pemahaman pengetahuan yang diperoleh bukan untuk dihafal tetapi untuk dipahami dan diyakini.

Pendekatan  kontekstual dalam pembelajaran atau lebih terkenal dengan sebutan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan antara  materi ajar dengan situasi dunia nyata peserta didik, yang dapat mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang di pelajari dengan penerapannya dalam kehidupan para peserta didik sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Berangkat dari konsep ini di harapkan hasil pembelajaran akan lebih bermakna. Proses pembelajarannya akan berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan peserta didik bekerja dan mengalami, bukan sekedar transfer pengetahuan dari guru kepada peserta didik semata.

Menurut Sardiman, dalam pembelajaran yang kontekstual ini, peserta didik didorong untuk mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya dan bagaimana mencapai. Diharapkan mereka sadar bahwa yang mereka pelajari itu berguna bagi hidupnya dengan  demikian mereka akan memposisikan dirinya sebagai pihak yang memerlukan bekal untuk bekal hidupnya nanti.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan yang dimaksud dengan CTL adalah suatu bagian dari pendekatan pembelajaran yang mengarah kepada kreativitas seorang guru dan peserta didiknya untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif.

Sehubungan hal di atas pembelajaran dengan pendekatan CTL mungkin sangat cocok digunakan sebagai solusi dalam  mengatasi permasalahan tentang suasana kelas yang perlu dikembangkan kerjasama antara guru dan peserta didik yang bertujuan membantu peserta didik memperoleh pengetahuan dan sikap secara aktif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. “CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat”. Pada pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ini peserta didik didorong untuk mengerti apa makna belajar, apa manfaat belajar dan bagaimana cara mencapainya. Belajar bukan hanya menghafal, melainkan mengalami dimana peserta didik dapat mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, melalui partisipasi aktif secara inovatif dalam proses pembelajaran.

Editor: Renci

Previous Post

Organisasi Wadah Aktivis

Next Post

Berkenalan Dengan Model Propaganda Chomsky

Next Post

Berkenalan Dengan Model Propaganda Chomsky

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Posts

Essay

Bonus Demokrasi dan Nawacita

by mahanpedia
Februari 27, 2023
0
10

Oleh : Fahrudin Hamzah Ketua Bidang Teknologi dan Informasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus...

Read more

Bonus Demokrasi dan Nawacita

Literasi Berada di Jurang Degradasi

Muhammadiyah; Dari Kiyai Haji menjadi Profesor?

Bukit Idaman: Ekowisata peduli sesama

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Nilai-nilai Dasar Dalam Etika Berdigital

Load More

Popular Posts

Hablum Minal’alam: Menjaga Lingkungan Bernilai Ibadah

by mahanpedia
September 2, 2021
0
2.1k

Akhlak Mulia Generasi Zaman Now

by mahanpedia
September 16, 2020
0
1.8k

5 Hal Misterius tentang Amado

by mahanpedia
September 6, 2021
0
1.7k

Mahanpedia

Mahanpedia adalah media belajar bersama untuk saling menginspirasi membangun kemajuan melalui gerakan literasi.

  • Kirim Tulisan
  • Tim Redaksi
  • Kontak

© 2020 Mahanpedia.id – Inspirasi untuk kemajuan.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Teras Mahan
  • Artikel
    • Opini
    • Essay
    • Reportase
    • Profil
  • Sastra
    • Puisi
    • Cerpen
    • Resensi
  • Resonansi

© 2020 Mahanpedia.id